Posted by on Dec 21, 2017 in jasa aqiqah bandung | 0 comments

Domba Inbreeding Apakah Keturunannya Jelek?

Domba Inbreeding Apakah Keturunannya Jelek?

Inbreeding alias kawin sedarah (punya hubungan darah yg dekat; seperti bapak kawin dg anak, anak kawin dg induknya, ato sesama saudara sebapak seinduk) apakah berefek selalu buruk? O-o…..ternyata tidak! 

Kadang, inbreeding dipilih untuk meningkatkan uniformity alias keseragaman. Sebab, inbreeding terbukti mampu meningkatkan homozigositas, dan menurunkan heterozigositas. 

Untuk unggas yg siklus produksi dan reproduksi cepat, inbreeding sangat dianjurkan. Karena uniformity 80% up sangat menguntungkan di dunia usaha perunggasa. Jika seekor ayam umur 30 hari beratnya mencapai 2,4 kg misalnya, maka 80% up populasi juga punya berat yg sama. Jadi bisa melakukan estimasi jumlah ekor untuk dapat berat karkas sekian.

Bagaimana dg ternak yg siklus produksi dan reproduksinya agak lama seperti domba, kambing, unta, sapi, kerbau dll? 

Sebisa mungkin hindari! Alasannya? Inbreeding berefek buruk seperti:
√ anak keturunannya kerdil
√ lahir cacat
√ meningkatkan gen lethal (kematian setelah lahir)
√ mudah terserang penyakit
√ dll

Apakah ini berlaku juga pada manusia? Tentu! Jika mau bukti datanglah ke Kampung Idiot Ponorogo Jatim. Mengenaskan. 

Itu sebabnya, Allah swt dah ngingetin 14 abad silam dg firman-Nya:

Wanita (An-Nisā’):23 – Diharamkan atas kamu (mengawini) ibu-ibumu; anak-anakmu yang perempuan; saudara-saudaramu yang perempuan, saudara-saudara bapakmu yang perempuan; saudara-saudara ibumu yang perempuan; anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang laki-laki; anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang perempuan; ibu-ibumu yang menyusui kamu; saudara perempuan sepersusuan; ibu-ibu isterimu (mertua); anak-anak isterimu yang dalam pemeliharaanmu dari isteri yang telah kamu campuri, tetapi jika kamu belum campur dengan isterimu itu (dan sudah kamu ceraikan), maka tidak berdosa kamu mengawininya; (dan diharamkan bagimu) isteri-isteri anak kandungmu (menantu); dan menghimpunkan (dalam perkawinan) dua perempuan yang bersaudara, kecuali yang telah terjadi pada masa lampau; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

(By Abdurrahman Arraushany)


Diposting oleh admin AqiqahBandungMurah.com

pesan paket aqiqah yang : syar’i, murah, enak, & praktis kontak saja cs kami

0813.9533.7795 (sms, telp, wa)

Klik di sini untuk daftar harga aqiqah bandung 

Melayani pesanan aqiqah area : Bandung, Cimahi, Padalarang, Kabupaten Bandung 



Leave a Reply